Thursday, 5 April 2012


( KAIDAH KE 17 )

إِذَا كَانَ فَاءُ اِفْتَعَلَ دَالاً أوْ ذَالاً أوْ زَايًا قُلِبَتْ تَاؤُهُ دَالاً لِعُسْرِالنُّطْقِ بِهَا بَعْدَ هَذِهِ الْحُرُوْفِ وَإنَّمَا تُقْلَبُ التَّاءُ بِالدَّالِ لِقُرْبِهِمَا مَخْرَجًا نَحْوُ اِدَّرَأَ وَ اِذَّكَرَ وَ اِزْدَجَرَ أصْلهَا اِدْتَرَأَ وَ اِذْتَكَرَ وَ اِزْتَجَرَ.

Apabila ada Fa’ Fi’il  wazan  اِفْتَعَلَ berupa huruf Dal,Dzal dan Za’,maka huruf Ta’ (Ta’ zaidah wazan اِفْتَعَلَ ) yang jatuh sesudah huruf Dal,Dzal dan Za’ harus diganti Dal,karena sulitnya mengucapkan Ta’ yang jatuh setelah huruf Dal,Dzal dan Za’. Digantinya Ta’ dengan Dal’ karena huruf Dal dan Ta’ berdekatan didalam makhrojnya.Contoh:ئِدَّرَأَ , اِذَّكَرَ dan اِزْدَجَرَ  asalnya اِدْتَرَأَ , اِذْتَكَرَdan اِزْتَجَرَ.
Praktek I’lal:
اِدَّرَأَ
اِدَّرَأَ asalnya اِدْتَرَأَ mengikuti wazan  اِفْتَعَلَ Ta’ diganti Dal karena sulitnya mengucapkan huruf Ta’ yang jatuh  setelah huruf Dal dan karena Ta’ dan Dal saling berdekatan didalam Makhrojnya, maka menjadi  اِدْدَرَأَ. kemudian Dal  yang pertama di-idghomkan pada Dal  yang  kedua  karena  sejenis, maka menjadi  اِدَّرَأَ.

اِذَّكَرَ
اِذَّكَرَ asalnya اِذْتَكَرَ mengikuti wazan  اِفْتَعَلَ Ta’ diganti Dal karena sulitnya mengucapkan huruf Ta’ yang jatuh  setelah huruf Dal dan karena Ta’ dan Dal saling berdekatan didalam Makhrojnya, maka menjadi  اِذْدَكَرَ.Dan boleh mengganti Dal dengan Dzal karena Dal dan  Dzal saling berdekatan didalam Makhrojnya,maka menjadi  اِذْذَكَرَ,kemudian Dzal yang pertama diidghomkan pada Dzal yang kedua karena sejenis,maka menjadi  اِذَّكَرَ. (juga boleh di-i’lal sebagai berikut: kemudian Huruf Dzal diganti Dal kerena Dzal saling berdekatan didalam Makhrojnya, maka menjadi اِدْدَكَرَ kemudian Dal yang pertama diidghomkan pada Dal yang kedua karena sejenis, maka menjadi اِذَّكَرَ.)
اِزْدَجَرَ
اِزْدَجَرَ asalnya اِزْتَجَرَ  mengikuti wazan اِفْتَعَلَ Ta’ diganti  Dal karena sulitnya mengucapkan huruf Ta’ yang jatuh  setelah huruf Za’ dan karena huruf Ta’ dan Za’ saling berdekatan didalam makhrojnya, maka menjadi اِزْدَجَرَ.




Reactions:

0 comments:

Post a Comment